Monday, July 16, 2012

Bimbingan Teknis Jateng


Pengumuman BIMTEK Provinsi Jawa Tengah

        
         Menindaklanjuti hasil seleksi Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kementerian Koperasi dan UKM Tahun Anggaran 2012 yang telah diumumkan oleh panitia rekruitmen dan seleksi PPKL tahun 2012, bersama ini kami bermaksud untuk memanggil para peserta PPKL terpilih tersebut yang berasal dari kab/kota di provinsi Jawa Timur, untuk segera menyiapkan diri guna mengikuti kegiatan bimbingan teknis perkoperasian.

         Berkaitan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan dan kerjasama Saudara untuk mengundang dan menghadirkan para peserta PPKL Kab/kota di provinsi Saudara untuk mengikuti kegiatan dimaksud, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Kegiatan bimbingan teknis perkoperasian akan dipusatkan di Kota Semarang.

  1. Peserta bimbingan teknis perkoperasian bagi PPKL hanya dapat diikuti oleh peserta yang lulus ujian seleksi yang diumumkan oleh panitia rekruitmen dan seleksi PPKL tahun 2012 yang berasal dari Kab/Kota pada provinsi Jawa Tengah.

  1. Acara Bimtek diselenggarakan di Hotel Candi Indah, Jl. DR. Wahidin no 112, Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 19 Juli s/d 21 Juli 2012, (jadwal acara terlampir).

  1. Peseta bimbingan teknis di wajibkan untuk membawa :
1)     Surat Perintah dari Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM Kab/Kota pada Provinsi Jawa Tengah
2)     Kartu ujian dan identitas lainnya;
3)     Legalisir ijazah pendidikan terakhir;
4)     Foto copy KTP;
5)     Foto copy NPWP;
6)     Foto copy halaman depan buku rekening Bank BRI;
7)     Pas foto ukuran 4 x 6 (2 lembar).
8)     Materai Rp.6000,- (2 buah)

  1. Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, menerbitkan surat penetapan tentang personil daerah yang terlibat dalam kegiatan bimtek perkoperasian, meliputi :
-             Penangungjawab kegiatan 1 (satu) orang
-             Fasilitator/Tenaga Pengajar 2 (dua) orang
-             Panitia daerah 2 (dua) orang
-             Peserta PPKL Kab/kota pada Provinsi Jawa Tengah yang mengikuti Bimtek Perkoperasian   

  1. Panitia akan mengganti biaya transportasi lokal dan akomodasi bagi peserta selama mengikuti bimbingan teknis perkoperasian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  1. Biaya yang dikeluarkan akibat penyelenggaraan bimbingan teknis ini dibebankan pada DIPA Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Tahun Anggaran 2012.

Demikian atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

a.n

Panitia Bimtek PPKL 2012


JADWAL ACARA
BIMBINGAN TEKNIS PERKOPERASIAN BAGI PPKL
PROPINSI JAWA TENGAH, TANGGAL 19-21 JULI 2012

Hari/
Tanggal
Blok
Waktu
Mata Ajaran

Fasilitator

Kamis ,
19 Juli 2012

10.00-13.00
Registrasi peserta
Panitia
13.00-13.30
Persiapan Pembukaan
Sambutan dan Pembukaan




Dinas KUMKM Prop Jatim

Blok I
13.30-15.00
Orientasi PPKL
a.    Istilah, Konsepsi dan Pengertian PPKL
b.    Tujuan dan sasaran PPKL
c.    Strategi Kerja PPKL
d.    Tugas PPKL
Nara
Sumber

15.00-15.15
Break + sholat
Panitia
Blok II
15.15-17.00
Nnilai dan Jatidiri Koperasi
Fasilitator

17.00-19.00
Ishoma
Panitia
Blok II
19.00-21.00
Nilai dan Jatidiri Koperasi
Fasilitator
Jum’at,
20 Juli 2012

06.00-08.00
Makan  pagi
Panitia
Blok III
08.00-10.00
Tatacara Pendirian, Pembubaran, Peleburan dan  Pembagian Koperasi
Fasilitator

10.00-10.15
Break
Panitia
Blok III
10.15-12.00
Tatacara Pendirian, Pembubaran, Peleburan dan  Pembagian Koperasi
Fasilitator

12.00-13.00
Break + Ishoma
Panitia
Blok
IV
13.00-15.00
Perangkat Organisasi Koperasi (POK)
Fasilitator

15.00-15.15
Break
Panitia
Blok
IV
15.15-17.00
Penyelengaraan Rapat Anggota
Fasilitator

17.00-19.00
Ishoma
Panitia
Blok
V
19.00-21.00
Teknik dan Metode Penyuluhan
Fasilitator
Sabtu,
20 Juli 2012

06.00-08.00
Makan  pagi
Panitia
Blok
VI
08.00-10.00
Action Plan
Fasilitator

10.00-12.00
Break + Penutupan
Panitia



2 comments:

  1. Yth Peserta yang lulus,

    Kami menyarankan beberapa hal :
    pertama, segera lapor, jika belum melapor, ke Dinas Koperasi setempat. ya setidaknya silaturahmi bahwa anda akan menjadi bagian dari Dinas Koperasi dan tentunya ini akan memudahkan proses komunikasi anda selanjutnya.
    Kedua,saling komunikasi, misalnya tukar no. hp dsb, dengan peserta lain yang lulus, sehingga jika salah satu memperoleh up date informasi bisa saling berkomunikasi.
    Dan ketiga, persiapkan diri dengan membaca materi tentang koperasi karena Bimtek 3 hari tidak akan cukup untuk melakukan penyuluhan.

    Selamat bertugas....

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas informasinya.
    Sekedar menambahkan, untuk informasi pelatihan manajemen dan akuntansi modern lengkap beserta SOP dan SOM koperasi, silakan kunjungi website kami di http://radiansystem.com/category/terkini/.
    Semoga bermanfaat dan bisa membantu, terima kasih.

    ReplyDelete